E. Status di FaceBook 2008-sedang berlangsung

Status di FaceBook 2008-sedang berlangsung

TANPA KACAMATA DAN KAMBING HITAM
kemarin malming kami jalan jalan hanya berdua sama istri yg kebetulan tidak membawa kacamata jarah jauhnya ke taman Bungkul dan taman Pelangi.
Istri bertanya, ‘nengok dan melirik siapa mas?’, karena memang banyaknya para cewek dan wanita tumplek bleg di situ.
Dengan tenang kujawab, ‘kambing, hanya beberapa kambing’.
Entah di pikiran istri saya kali begini, ‘kok kambing berkeliaran malam di taman Bungkul dan Pelangi ya….kwkwkwkw kambing kambing kok selalu jadi kambing hitam.

PENDAPATAN MELEBIHI KEBUTUHAN, PENDAPATAN YANG KURANG DAN SEDEKAH
Dari kapanpun tetap akan ada yg lebih dan yg kurang. Kalau toh ingin meme’rata’kan atau bahkan mensejahterakan, gunakan sistem yg lebih menyedekahi yg kurang.
Memang sulitnya adalah yg lebih merasa masih kurang, dan yg kurang akan banyak menuntut.
Terus siapa pengelolanya? Pemerintah? Pemerintah terlalu korup dan DPR selalu berat dan piliih kasih hanya untuk partainya.
Lha terus yok opo? Halah siapapun termasuk aku yg me/terasa berlebiih silakan menyedekahi atau ngutangi.

KEARIFAN MASYARAKAT LAMPAU
ukuran rumah di Bali, berangkat dari beberapa dimensi ukuran pemilik rumah tersebut, yaitu ukuran :
a. Musti (dimensi tangan mengepal ibu jari yang menghadap ke atas),
b. Hasta (pergelangan tangan sampai ujung jari tengah)
c. Depa (dua bentang tangan yang terentang)
jadi semua menggunakan ukuran si pemilik rumah, termasuk ukuran perabotan dan ukuran alat-alat lainnya yg diperlukan untuk rumah tersebut, yang tentu juga bagi pemiliknya, lain kata tiada kemubaziran kecuali ke arifan.
Tidak seperti sekarang di jaman modern ini kita (yang berkecukupan) ingin membangun cenderung lebih membesar-besarkan menurut keinginan bukan kebutuhan.

OLOK OLOK suroboyoan
dulu di jaman sy th awal 80an kami masing masing saling memanggil dgn menyebut nama bapaknya, yg itu semua/olok2 itu tdk menjadikannya sakit hati.
Ada juga celoteh#ejekan spontan mengenai hal hal yg gak masuk akal seperti ; gendheng mangan semir, gak tau dikaploki wong ketheng tha, atau makmu kiper….atau kalau lihat cewek cakep maka mengungkapnya begini, ‘bapakke sunat ng endi, kok duwe anak ayu ngono.’….dll
punyakah anda olok olok celoteh yg gokil abis? Silakan ungkapkan.

mbah paiJEM….
dulinan daKON…
cacahe piTU….
watune iTEM…
wis jangan dilanjut lanjutkan unt mengisi titik titiknya, karena itu lagu saru.
Sy hanya mengarsip lagu2 anonim yg banyak diteriakkan sebagai penyemangat gerak jalan mojokerto-suroboyo.

STKW sekolah tinggi kesenian wilwatikta
Akronim dari stkw sering atau suka diplesetkan menjadi :
1. Sekolah Timbangane Kluyuran Wae.
2. Sekolah Tarepmu kak Warepmu.
3. Sekolah Tenaga Kerja Wanita.
4. Sekolah Tinggi Kandhang Wedhus.
5. Sekolah Tak Kenal Waktu.
6. Sekolah Tinggi Kurang Waras.
Apakah anda mau memberikan nama tersendiri. . . Silakan.

MEMINTARNYELAMATKAN
menurut anda sekalian apa perbedaan “wong pinter” karo “wong bejo” iku opo….???, wong bejo, anda selalu mengira bahwa wong bejo iku bodo kan? bagaimana dia bodoh lha si bejo itu mampu memiliki kedisplinan dan keteguhan kok, Wong bejo selalu bejo/ slamet, maka mendekatlah, mau mengerti pada nonfisik/ immaterial/ SLAMET/KESLAMETAN/ si ESA YANG PENYELAMAT. Lek pinter karena hanya mendekat dan mau mengerti tentang hal-hal yg membuat pinter/ buku/ sekolah/ kuliah/ sinau yang sifatnya fisik/ materi semata. (semoga paham, karena ini persoalan nglakoni/ menjalankan memintarnyelamatkan diri)

Fenomena artistik pada dasarnya adalah sebentuk pengalaman sebagai subjek reaktif yang menghasilkan sesuatu yang baru. Perkataan baru dengan sendirinya tidak hanya pada fisik kekaryaan saja tetapi kebaharuan bisa juga tidak berupa artefak melainkan sebentuk perombakan pemikiran pada konteks yang ada (kontekstual). Kreatif bisa juga diamati pada karya yang khas walau katakan seniman yang lain menggunakan media yang sama tetapi keunikan sudut pandang, perlakuan dan pemahaman terhadap media akan menumbuhkan bentuk-bentuk orisinal, ungkapan-ungkapan perasaan (ekspresif) yang bebeda pada satu objek juga akan menggetarkan.
Karya seni sebenarnya bukan hanya sebentuk artefak yang begitu saja tergeletak tanpa harus diketahui asal-usul kelahirannya, seni akan ternilai bila keberadaan penciptanya juga memiliki, memperjuangkan, dan bahkan harus memeliharanya yang berarti manusia menghidupkan suatu eksistensi sosial yang amat penting yang mana perbedaan setiap manusia berhak memunculkan khayalan/pengalaman individu yang berupa realita yang tidak bisa dikurangi dan dibandingkan yang mana keekspresifan yang bersifat kualitatif yang membentuk kelengkapan dari kekongkritan isi dan pengalaman individual unik.

istriku setiap malam mengolesi mukanya dengan krim anti keriput, agar licin cling. Akhirnya kalau tidur tidak pernah miring, entar takut tergelincir wajahnya dari atas bantal terjun ke kasur karena begitu licin wajahnya….. kwkwkwkw

salah satu bentuk pacaran kami dulu adalah naik bis kota berdua dari terminal aloha sampai perak (30km) pergi pulang berkalikali sampai sore. Tidak lupa membawa penganan kecil dan minuman, bisa duduk bersanding, ngobrol, dan pakansi hemat….untunge yo isok rabi, ojok koyok arek saiki pacaran thok gak sido rabi, yo kecuuut reeek.

JENIS KELAMIN
pada burung atau hewan secara umum bisa dibedakan jenis kelamin(sex)nya dari tampilan, yang mana burung/hewan berkelamin jantan adalah yang berwarna lebih cerah, lebih berwarna, lebih mencolok mata, dan lebih agresif.
Tetapi pada manusia justru terbalik yang mana wanita musti berdandan/berias; kata lain harus lebih cerah, berwarna, anehnya tidak agresif (kadang juga ada yg agresif kok). Karena memang bentuk bodi dan anggota badannya memungkinkan untuk harus berias.

CUCKOO dan KEALAMIAHANNYA

Suara Cuckoo sebagai penanda dan esensi di musim semi, namun di balik panggilan magis itu burung dia adalah menipu, pencuri dan pembunuh. Coba lihat bagaimana trik Cuckoo menempatkan telurnya sendiri pada sarang burung lain untuk menerima telurnya sebagai anak semang yang jahat
Anehnya kenapa orang tua angkat tidak bereaksi saat menonton bayi Cuckoo menghancurkan telur dan anak-anaknya sendiri? Dan mengapa induk semang dengan juga tetap bekerja tanpa henti untuk memberi makan si “benalu” yang secara fisik amat berbeda? Ironisnya si benalu Cuckoo tumbuh 3 kali lipat darinya.

Dalam film documenter ini dan temuan ilmiah terbaru lainnya masih tidak bisa menemukan, “mengapa” dari keunikan alam Cuckoo yang sudah hidup selama ribuan tahun. Sebagai naratornya David Attenborough

bu guru menyuruh anak didiknya untuk menggambar SEGITIGA SAMA KAKI.
Jawab murid dgn lantang, ‘boro boro sama kaki, mbuat segitiga sama tangan aja susahnya minta ampun’.

VIRUS EBOLA
Asal kata dr nama sungai di Congo, virus ebola beragam baik ebola Congo, Zaire, dan Sudan yang kesemuanya mematikan. Gejalanya adalah demam, diare, muntah, pendarahan dalam dan luar. Masa inkubasi 2-21 hari, dan bila sudah menjakiti manusia maka dalam 6-20 hr manusia akan meninggal dunia, yang memang sampai sekarang masih dinyatakan 0% tingkat kesembuhan, alias gak mungkin bisa sehat kembali kecuali mati.
1. Demam tinggi hingga melebihi 40 derajad C dan diare (1-4 hr)
2. Perut terasa diaduk-aduk dan terus muntah berkepanjangan (3-5)
3. Hari ke-4 atau ke-5 muntah darah, mata memerah karena alatalat di lambung sudah remuk
4. Hari selanjutnya tiap pori-pori termasuk mulut, hidung dan telinga mengeluarkan darah (biasanya manusia di kondisi ini sudah tewas) dan seluruh isi usus dan otak sudah menjadi bubur.
Tragedi ini adalah salah satu penyakit atau penyebab yang paling mematikan di dunia, termasuk bunuh diri, bom nuklir, bom kimia, bom bunuh diri, senjata tajam, HIV-Aids, jantung coroner, virus otak, kanker, sirosis, patah hati, stress, cuklek, dan bokek.

MEMANGKAS MEMBABAT
kalau hati lagi gak cerah tertutup mendung, maka seseorang akan merasa sekelingnya itu gelap seakan matahari tak bersinar, sehingga cenderung membersihkan/memangkas/membabat orang2 memangkas pepohonan yg seakan menutupi kecerahan itu.
Tidakkah kegelapan hati selalu berujung pada kantong pribadi. O a lah sing disalahno kok witwitan….

EVERY CHILD IS AN ARTISh, memang tidak berlebih bila Picasso mengutarakannya. Anak anak sebelum mengenal sekolah adalah masa keemasan bertanya, bermain, mencoba, tiada ketakutan berekspresi baik lelaki atau perempuan. Sudut pandang selalu datar yg beragam dimensi, khas anak anak, esensial penceritaan, penggambaran suasana yg kompleks material dan immaterial dunia arketipe, kepurbaan sekaligus keakandatangan.

sudah tidak relevan lagi penggalan lagu dr pak Kasur, “bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi”. karena memang di era digital informasi ini kita akan mengecek email, pesan instan baik sms ol atau hp, mms atau jejaring sosial fb tweet path dll.

BANGKAI KEKAYU, kita terbiasa melihat potongan kayu, pohon, dedaunan bukan sebagai daging tulang dan darah yg tercecer. Karena memang kita lebih menghormati bangunan, beton dan kaca sebagai hal yg amat membanggakan dipamerkan untuk pembangunan sebagai pengisi memenuhi kocek pribadi dan beberapa keinginan surga dunia.

Coba simak dgn hitmat, kalau anda tahu bahwa ranting bertunas sepanjang 2cm itu membutuhkan hara dan matahari selama 2 minggu untuk mengolahnya; dan selembar daun yg menghasilkan oksigen unt cukup kita hidup seminggu. MAKA BERAPA HARGA YG MUSTI DIBAYAR UNTUK MENEBANG SEBATANG POHON? belum terhitung perusakan habitat semut, kranggang, kupu dan burung.

BIADAP.

bagi para cewek, mahasiswi, wanita, perempuan atau istri yang memiliki pacar, gendhakan, selingkuhan, suami seorang cowok, lelaki atau suami seniman maka jangan berlebih meminta perhatian, direken.
Karena pacar suamimu adalah sebagai lelaki kecil yg nakal, cuek, dan seakan sebagai adik ragilmu atau anak mbarepmu…yg masih suka kau susui kwkwkwkw
Kapoookmu kapan, kamu ya….sukurinnn

1. KOST KOTAK SABUN, di 1995 kami baru saja menikah dan menempati kamar kost seukuran 2x3meter, kami hanya memiliki satu tilamdan radio kaset. Kami memiliki tetangga suami istri yg kerjanya hampir tiap malam selalu bertengkar, ada tukang jahit perempuan yg selalu ditinggal “pergi” suaminya, suami istri yg amat sepuh yang selalu kekurangan uang untuk makan, atau beberapa anak anak yg selalu ditinggal ibunya kerja dari pagi hingga larut malam. Halamannya berupa paya-paya yang ditumbuhi enceng dan tanaman rawa lainnya belum lagi kalau rawa itu banjir di musim penghujan, selalu kecoak, pacet, semut, klabang, lipan akan memasuki kamar kami.

2.SENI RUPA STKW SURABAYA 1995, pertama kali saya ngajar beginilah kondisi kampus kami, halaman masih ditumbuhi rumput ilalang, dan semak kalau banjir selalu air menggenangi kelas kami yang terbangun dari separuh tembok, bagian atasnya tripleks dan kawat kasa, atapnya asbes/seng gelombang. Seringkali gajian selalu terlambat berbulan-bulan atau bahkan pemutihan, entah waktu itu kok ya masih bisa berdiri walau doyong. Ada beberapa pengajar yang memang keras kepala hingga sampai detik ini seperti mas Saiful Anam, Nuzurlis Koto, sigit margono, Moelyono Moel dan alm Handayadi Pak Hand, dll mereka-mereka inilah yang berjasa membangun dan tetap menegakkan dinasty SR STKW__sekolah tinggi kesenian wilwatikta. Keras kepalalah kalian karena anda telah berdiri pada PONDASI HUMANIS.

3.kemarin kami membakar keramik menggunakan kayu sebagai bahan bakarnya yang tentu begitu merepotkan hingga larut malam menjelang subuh, sekarang ini persiapan mengecat, memperbaiki/membuat lagi beberapa pedestal, mengemas lukisan, keramik, fotografi, membuat kotak packingnya dgn ekstra aman karena akan menempuh jarak hampir 2000 km, dari Surabaya ke Padang Panjang untuk perhelatan Festival Budaya Melayu Internasional. Lha yo…kuliah opo STKW – Seni Rupa, STKW__sekolah tinggi kesenian wilwatikta, kok hari libur juga yo mlebu…..ah! itu semua terbangun dari kesetian dan keras kepala kami. Yeah…
And to be yourself is all that you can do
Hey…
To be yourself is all that you can do.

4.Sepanjang hidup seorang pecinta yang difikirkan adalah bagaimana dia bisa menyenangkan kekasihnya, bisa melayani kekasihnya dengan sepenuh hati. Ketika yang berbicara adalah cinta maka tidak ada lagi ukuran salah atau tepat yang dilakukan yang, kaya dan miskin untuk masa depannya; bagaimana mungkin seorang yang sedang jatuh cinta bisa kita tawarkan kenikmatan lain sementara dia sedang hanyut dengan cintanya. Sejuta kenikmatan yang ditawarkan tidak akan mempengaruhi sedikitpun keseriusan dia kepada kekasih. Artinya, bila anda masih ketakutan akan masa mendatang. dan selalu mempertimbangkan akal salah tidak tindakannya, maka kalian belum menemukan APA ITU CINTA.

5.JARENE TAHUN BARU, lha kok kabeh tibane pancet aeee…opomaneh cinta pancet sing wingi,..untunge gak mblengeri. Utang juga gak ada matinya, utang kembange urip…untu yo pancet bogang…sing jelas anyar yo iku hidup kita bertambah pendek.

5. KE DOKTER GIGI, nganterin anak anak ke dokter gigi, agar mereka tdk takut untuk pergi ke dokter. Lha kok doktere nglirik aku ae. . . Padahal udah aku jelaskan, *yg mau periksa mereka itu, bukan aku bu dokter*, Dia gak tahu kalau bogangku ini telah ada sejak lahir dan justru dgn penampilan dan kondisi begini istriku amat menginkan…tahuuu !!! Maklum dokternya belum berpengalaman bersuami.

6. SI MAUDI YANG TIDAK LAGI HANGAT, istri ngajak mampir ke Giant supermarket
*aku lama lho nanti*, katanya padaku sambil bergegas masuk. Sayapun mencari angetangetan, akhirnya kupilih makanan angsle ronde jahe MAUDI langgananku yg berada di emperannya,
*hmm karena yg jualan cewek cakep *, pikirku girang mana hujan lagi. Tidak lama belum kunikmati sesendok, istriku udah selesai belanjanya, sambil dengan nada kesal,
*hmm rupanya suka langganan di sini ya yang MAU-DI-APA-APAKAN, ayo cepet pulang*, dengan bergegas akhirnya minuman tadi dibungkus untuk dibawa pulang.
*ah.! Ketahuan satpamnya deh. . .*.
Kapokmu kapan har hariii…. bagiku yg lagi apes.

7.VITAMIN dan GIZI, Barusan di add oleh seorang cowok dengan nama samaran yg aneh dan gokil, rambutnya agak gondrong sedikit dirasta yaaahhh wajahnya tidak jelek dengan pose blas gak bersih alias kusut tapi PD, setelah kuteliti eee…ternyata mahasiswa Sempal Senimahasiswapecintaalam Stkws maka kuterima dengan tangan terbuka dengan sekali klik.
Tidak begitu lama ada dua cewek sama cakepnya, pokoknya chick deh! untuk berusaha juga nge add juga, oke deh! kuterima juga walau entah siapa keduanya, yang jelas bukan mahasiswi STKW__sekolah tinggi kesenian wilwatikta.

Setelah aku pikir-pikir apa kedua cewek itu menguntitnya ya? untuk memata-matai kegiatan cowok yg mereka taksir? begini inilah memang cowok itu sebagai suatu VITAMIN dan GIZI.
atau kedua cewek itu mengira aku homo tha….kwkwkwkwkwkw.

8. TUGAStugasTUGAS
(SEMOGA SUKSES MENJADI MANUSIA)

-Di semester I terbebani tugas praktek:

1. 60an tugas NIRMANA yang diterima (minimal nilai C)
2. 250 lembar tugas objek SKETSA dan tambahan 250 lembar hvs tugas bebas=500 lembar yang diterima.
3. 12 GAMBAR BENTUK yang diterima.
Belum tugas tugas teori lainnya, artinya bukan juga anda harus menjadi seniman/kalau toh pun kalian akan siap

Kami tidak sekadar hanya menjadikan seniman, tetapi yang terpenting bagaimana anda masing–masing akan mampu atau tidak mengatasi dengan mengerjakan, mengalami kritik-kritik dan penilaian yang amat “pedas” bahkan “pahit” yang itu semua amat terbuka.

Begitu pula dikehidupan selalu ada yang dkerjakan dan diselesaikan dengan fisik-mental dan hati yang musti tegar di dalam waktu tertentu dan itupun dibutuhkan biaya yang memang tidak sedikit. SELAMAT YANG TELAH MELAMPAUI ENTAH APAPUN NILAINYA TIDAK AMAT PENTING, YA ITULAH HASIL JERIH PAYAH SELAMA INI.

NB: jangan redakankan intensitas fisik dan mental yang sudah terbangun selama ini, walau kalian liiburan, karena memang bernafas tak akan pernah berhenti.

9.AKULAH BENDA

Suatu penyembahan atas tuhan-tuhan yang dicipta untuk dituhankannya sendiri sebagai bisa jadi benda-benda itu lah justru akan mengeksploitasi pemiliknya sehingga terjadi bagaimana manusia adalah benda-benda belaka (tanpa rohani).

Perwujudan karya di garap sedemikian rupa agar penikmat berkaca pada diri sendiri, bahwa sebenarnya siapakah diri kita akan terbaca di cermin itu bahwa akulah juga benda-benda itu, produk-produk bentukan dari kultur benda-benda dengan berbagai perangkat “ilmu”, “teknologi”, dan “keinginan” kita sendiri.
9. berkarya/mengisi kehidupan bagai sdg memompa diri
sendiri yg tentu semakin menggelembung yg
tentu melebar permukaannya, maka benda
benda di sekeliling akan cenderung
melekat, maka lepaskan buanglah agar kita
ringan melambung ke langit. Karena di langit tidak dibutuhkan benda benda itu lagi sbg kepemilikan. Selamat berkarya.
Penciptaan seni paling awal ialah lukisan zaman Phaleolithik yang menggambarkan aktivitas estetis yang mewakili kebutuhan praktis murni yang bertujuan untuk pengadaan makanan. Jadi di sini tiada suatu di luar kearifan, tiada yang berlebihan mengambil atau bahkan eksploitatif. Penciptaan mereka tidak menggambarkan simbol dan artistik semata, sehingga tiada suatu efek dekoratif atau keindahan tanpa fungsi, mereka mewakili bentuk asli pencerminan realitas yang estetis dengan kata lain tidak pernah ada tanpa maksud dan fungsi.

10.SENI, EKSPRESI, dan SPIRITUALITAS

ekspresi seni yang dilakukan manusia mengisyaratkan makna sebagai motivasi utama dalam hidup ini dan bukan suatu “rasionalisasi sekunder” dari dorongan-dorongan instingtif, dengan keunikan personal yang hanya bisa dipenuhi oleh dirinya sendiri untuk mencapai kepuasan akan spiritualitas, dengan demikian dalam kegiatan pencarian makna hidup manusia mencari misteri transenden sebagai pengungkapan yang paling tinggi yang dapat dicapai dari apa yang secara logis tak mampu.

makanya kalau seni hanya bermuatan materi cat, gambar-bambar, kedekoratifan menghias, apa yang sedang ngetrend tanpa ada keunikan personal itu hanyalah menghias kanvas, bukan ekspresi sebagai karya seni lukis.

11. seni imanen dan transenden

inilah kesalahan kita menyamakan
imanensitas dan transenden. Kalau imanen
bagaimanapun pasar mampu mewadah ke
akuan seseorang(pd mulanya) tetapi
lambat laun senimannya akan termakan
para tengkulaknya/kurator/pemilik galeri/
pasar/ yg berarti bukan benarnya tp bisa
dijual atau tdk.
Kata lain seniman sudah tdk mempercayai bahwa seni adl bhs ekspresi pribadi yg akan mampu menggugah, kecuali karya seni adalah klangenan layaknya burung kicau, mobil balap, wil/pil,tahta, pangkat, harta, dll.

12. PAHALA dan PEMBERIAN
saat kita sudah memberikan sesuatu, maka itu berarti sudah terdapat niat baik yang sekaligus dijalankannya; tidakkah itu adalah suatu anugerah terbesarNYA yang berupa kelapangan dada.
Lha masalah pahala itu urusan “nanti” walau memang itu adalah janjiNYA, artinya gak usah mengharapharap pahala secara berlebih, toh! detik saat sudah mampu memberi itulah merupakan sudah diberikanNYA kelapangan dada adalah anugrah terbesar di dunia ini.

13. DIALOG

Stanislaus Yangni, Karya itu tidak terlepas dari seniman dan lingkungannya, sekaligus terlepas. Ancaman lahirnya sebuah karya adalah gambar-gambar siap pakai yang ada dalam kepala seniiman sebelum karya itu lahir – dan kalau ia tak bisa melampaui itu, karya hanya representasi dari hanya objek (penghadiran kembali semata/objektivasi), klise, dari apa yang sudah ada, maka momen eksekusi seorang seniman sangat genting di sini.

Hari Prajitno, Termasuk di dalam yaitu terkait dgn lingkungan (keluarga/dan yg diluarnya) adalah kita tidak akan keluar dari bekal purba yang telah kita miliki sejak lahir. Makanya kukatakan bahwa sebenarnya karya itu sudah ADA walau masih bersifat ide.
Dan sekaligus di luar/tak terkait adalah yang berusaha ke luar untuk mengkomposisikan (eksekusi) kembali ide-ide yang ADA sebelumnya untuk menatanya sebagai idealisasi diri orisinal (mencipta/bergumul pada kegentingan). Maka selalu kemurnian tidak akan direcoki/menolak objek-objek yang sudah ada sebelumnya (di dalam diri), apalagi gambaran-gambaran objek-objek di masyarakat/hapalan/klise/menghias/objek-objek tanpa tegangan dan kegentingan.

Ugo Untoro, Aku sendiri suka pd momen yang genting itu,momen yg selalu terulang tp kita tdk pernah tau apa jawabannya,bs sj datang tiba2,atau tak akan pernah terjawab hingga akan terus bersambung, mungkin aku org yg beruntung yg masih bs bahagia dgn kegentingan tiap saat dan berusaha mengatasinya dan bila itu sdh terjawab,aku rindu moment genting itu,sebab kebahagiaan dan kelapangan dada jd begitu berhamburan dr hatiku,melebihi uang dan benda2 mewah,aku cinta hidupku,segelap apapun,sbb dr situlah aku bs bergerak trs.

14. Permainan dan Arti

Kata permainan berasal dari/main/yang berkonotasi “negatif”; sejumlah kegiatan
yang tidak mentransformasikan tujuan dan konsep tertentu yang serius, juga kata ini
hanya dikenakan pada anak-anak. Padahal kalau kita tahu bahwa segala
sesuatu baik melakukan kegiatan “serius” atau “tidak serius” akan memasuki apa
yang dinamakan permainan yang memiliki spesifikasi khusus menurut permainannya.
Sehingga tidak benar bila terdapat pernyataan bahwa permainan adalah
sekadar “main-main” seperti yang dituduhkan “orang dewasa” selama ini.
Sebagai contoh sekelompok anak bermain kelereng, dari masing-masing
anak jelas akan berusaha menunjukkan ketrampilan/kepandaiannya sebagai
aktualisasi diri terhadap subjek di luarnya.
Tiada suatu kegiatan “apapun” yang tidak memiliki unsur permainan bila kata itu tidak
semata-mata diterjemahkan sebagai kegiatan iseng belaka. Mereka bermain
jelas tidak terdapat unsur paksaan dari siapapun dan juga autentisitas selalu
menyertai karena setiap permainan akan dilakukan oleh subjek-subjek berbeda
yang terbatas waktu dan tempat; antarsubjek juga memiliki ketrampilan,
kecekatan, kegigihan, kecerdasan, daya
tahan dan kekuatan psikis yang berbeda- beda yang telah berusaha
memenangkan/menyelesaikan suatu permainan.

15. PERBEDAAN MABUK dan YANG TENGGELAM
Bagaimana mungkin mempercayai kata/kalimat yang terlontar dari orang yang sedang jatuh cinta?, karena mereka mengucap dengan kondisi sedang mabuk, kecuali percayalah pada siapapun yang sedang tenggelam di dalam samudra cinta.
Tapi jangan tanya bagaimana tanda yang sedang mabuk dan yang tenggelam, karena saya sendiri masih memulai belajar berenang.

16.MEMINTARNYELAMATKAN
menurut anda sekalian apa perbedaan “wong pinter” karo “wong bejo” iku opo….???, wong bejo, anda selalu mengira bahwa wong bejo iku bodo kan? bagaimana dia bodoh lha si bejo itu mampu memiliki kedisplinan dan keteguhan kok, Wong bejo selalu bejo/ slamet, maka mendekatlah, mau mengerti pada nonfisik/ immaterial/ SLAMET/KESLAMETAN/ si ESA YANG PENYELAMAT. Lek pinter karena hanya mendekat dan mau mengerti tentang hal-hal yg membuat pinter/ buku/ sekolah/ kuliah/ sinau yang sifatnya fisik/ materi semata. (semoga paham, karena ini persoalan nglakoni/ menjalankan memintarnyelamatkan diri).

17.NGRASAKNO ROSO WEDHANG KOPI
musti ada syarat/syariatnya karena memang hukum alam fisik/sunnahtullahnya begitu. Bila ingin merasakan nikmatnya wedhang kopi maka penuhi dulu niat , memasak air, riapkan bubuk kopi dan gulanya di dalam cangkir, tuangi air mendidih, aduk, tunggu sesaat, lalu minumlah. Maka rasa itulah bukan fisik, walau harus wajib menyertakan dulu syarat fisiknya.

18.LIBURAN
seharian memperbaiki player dvd rusak, sementara si bungsu mengamati dari dekat, dan apa katanya?,”lho bapak kan sekolah nglukis?,” katanya.
Benar juga, kali dia takut kalau bapaknya kesetrum, “lha mek sekolah nglukis kok yo nyobak-nyobak ndandani elektronika,” mungkin itu bisik dalam hatinya.
Tak apalah akhirnya ya alhamdulillah walau pelukis bisa juga kok memperbaiki, dan yang menikmati justru ibunya untuk menonton “the legend of Rolling Stone”, masa mudanya si Mick Jagger, Jones, Richard, Wyman, Woods, dan Watts.

19.Fenomena artistik pada dasarnya adalah sebentuk pengalaman sebagai subjek reaktif yang menghasilkan sesuatu yang baru. Perkataan baru dengan sendirinya tidak hanya pada fisik kekaryaan saja tetapi kebaharuan bisa juga tidak berupa artefak melainkan sebentuk perombakan pemikiran pada konteks yang ada (kontekstual). Kreatif bisa juga diamati pada karya yang khas walau katakan seniman yang lain menggunakan media yang sama tetapi keunikan sudut pandang, perlakuan dan pemahaman terhadap media akan menumbuhkan bentuk-bentuk orisinal, ungkapan-ungkapan perasaan (ekspresif) yang bebeda pada satu objek juga akan menggetarkan.
Karya seni sebenarnya bukan hanya sebentuk artefak yang begitu saja tergeletak tanpa harus diketahui asal-usul kelahirannya, seni akan ternilai bila keberadaan penciptanya juga memiliki, memperjuangkan, dan bahkan harus memeliharanya yang berarti manusia menghidupkan suatu eksistensi sosial yang amat penting yang mana perbedaan setiap manusia berhak memunculkan khayalan/pengalaman individu yang berupa realita yang tidak bisa dikurangi dan dibandingkan yang mana keekspresifan yang bersifat kualitatif yang membentuk kelengkapan dari kekongkritan isi dan pengalaman individual unik.

20.BERSEDEKAH=BERBAGI=MEMBERI=MELEPAS=MEMBIASAKAN DIRI BAHWA BUKANLAH AKUKU YANG MENENTUKAN.
adalah suatu cara alami yang tidak ubahnya sebuah persiapan untuk belajar mengikhlaskan diri menuju kematian sejak awal. Betapa tidak di saat menikah adalah mencoba berbagi apapun hingga berlanjut mempunyai anak maka lebih banyak berbagi lagi. Di saat anak kita remaja mereka sudah mulai memiliki kehidupannya sendiri dengan teman dan dunianya, di saat anak kita menikah maka kita mencoba melepaskan agar mereka belajar mandiri. Di saat kita memasuki usia 40an/kurang tidak sedikit dari saudara, sahabat, teman yang sudah meninggalkan kita duluan. Di saat kita tua/pensiun dan tak banyak yang bisa dilakukan maka sewajarnya untuk “melepas” karena memang sudah mendekati kematian.

21.KETEGANGAN RITUAL PRIBADI dan RITUAL SOSIAL
Tasripin(12th) dgn terpaksa sudah menjadi “orang tua” yang bekerja sbg buruh tani yg kadang di bayar beras atau Rp.10.000/hari yang hanya cukup makan untuk sehari bg ketiga adiknya Dd(7th), Ry(6th),dan Dr(4th). Ibunya meninggal tertimpa longsoran saat sbg buruh penambang pasir, sementara ayahnya merantau ke kalimantan bersama anak sulungnya.

Kita sebagai orang dewasa masih sanggup menelan “harmoni” yang klasik dan begitu abadi yaitu penderitaan, tetapi apa hubungannya dgn anak-anak dan mengapa mereka harus membayar harmoni itu dgn sudah langsung terjun pada penderitaan itu? dimanakah keadailanTuhan berada? tetapi apakah juga tuntutan keadilan humanis akan mengalahkan keadilanNYA?

Begitulah resiko sbg yang sudah dikalkulasikan ketika Tuhan mencipta dunia dan seisinya, baik penderitaan atau kebahagiaan yang ada ini terus berevolusi, memiliki peran mendidik dan membentuk jiwa manusia agar sesuai dgn maksud mengapa semua ini musti tercipta (include) di dunia ini.
22. KEINDAHAN CEMBURU:
komunikasikan sejujurnya kalau
memang rasakan cemburu itu,
gunakan kosakata yg tidak berlebih
dgn bahasa cinta kasih (karena
memang anda masih mencintai)untuk mengungkap fakta di hati. Rasakan
keindahan cemburu yg sama sekali
tidak menyakitkan, karena baik istri/
suami/pasangan tetaplah bukan kepemilikan
karena mreka adalah pribadi2 yg
lain, jangan pernah samakan dgn ego kita masing2.

23. STKW sekolah tinggi kesenian wilwatikta

Akronim dari stkw sering atau suka diplesetkan menjadi :
1. Sekolah Timbangane Kluyuran Wae.
2. Sekolah Tarepmu kak Warepmu.
3. Sekolah Tenaga Kerja Wanita.
4. Sekolah Tinggi Kandhang Wedhus.
5. Sekolah Tak Kenal Waktu.
6. Sekolah Tinggi Kurang Waras.
Apakah anda mau memberikan nama tersendiri. . . Silakan.

24. KADO BULAN DI MALAM INI, ambil sebuah baskom lalu isilah dgn air. Maka taruh baskom itu di pelataran, tidak lama bulan itu akan terjaring di dalam baskom, mumpung bulan sedang bulat bundar penuh.
25. BERSYUKUR MENSYUKURI NIKMAT itu yang lebih penting; daripada sekadar bersyukur atas hanya rizki. Betapa tidak rizki adalah hal/objek sepenggal saja dari beragam nikmat yang pernah kita terima. Contoh nikmat objek akan rizki/makanan tidak akan terasa begitu nikmat bila kita sudah baru saja melahap sesuatu makanan. Coba kalau kita memahami nikmat adalah sesuatu yg penting di kasus di atas maka rizki/makanan itu akan kita berikan/bagikan seluruhnya (karena kita memang sudah kenyang) kepada mereka yang lebih membutuhkan/seseorang yg belum makan secuilpun. SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA DI BULAN RAMADHAN INI.

26. kita tak kan dapat menghentikan tangis seorang bayi hanya dengan
merengkuhnya dalam lengan yang kuat. Atau, membujuknya dengan berbagai
gula-gula dan kata-kata manis. Seseorang harus mendekapnya hingga bayi itu merasakan detak jantung yang tenang jauh di dalam dadanya.

27. MERAYAKAN KEBERBEDAAN, tidak perlu menyeragamkan pakaian, gaya rambut, atau bahkan cara berfikir. Hal penyeragaman akan mematikan ekspresi individu unt berkontribusi secara cemerlang melalui ide dan inovasi yang unik.

ibuku tak bosannya mnyapu beranda yg slalu dkotori oleh luruhnya daun jarum cemara udang yg tumbuh di halaman depan. Seperti itulah kematangan seseorang, tak bosannya “resikresik” walau toh! tahu bahwa dedaunan jarum itu akan luruh juga setiap hari. Layaknya ibadah yg terus menerus dan tak pernah mengeluh.

28. di jalan raya yg tdk begitu padat, tiba2 seseorang pengendara motor sedang ngebut sambil zigzag! coba simak ekspres bahasa yg digunakan oleh ke 5 orang yg kena serempet pengebut tadi…
(1) si adin berkelakar dgn ekspresi dendam, “tak dungakno nubruk, matek koen!”.
(2) si sari mengucap lirih dgn ekspresi sedang berdoa, “mugomugo gak nabrak liyane”.
(3) si rikat bergumam dgn ekspresi tenang, “mugomugo gak kedadean opoopo”.
(4) si haki tanpa ekspresi sambil menarik nafas dalamdalam, “mugo urusane lancar”.
(5) si rifat “hmm…”, tanpa apapun.
begitulah tingkatan talenta kepositifan setiap orang.

29. KELAMIN DAN KEMALUAN, jangan remehkn klaminmu lepas liar thambur2kan, di sana tdapat sgala hal yg hidup(MAHA PENGHIDUP) dan asalusul khidupan, karna amatlah sukar mngembalikan pd fitrah “rasa malu”. Begitulh pr hid belang/koruptor/prusak/dan materialis lainnya. Jaga “wadah dan alat klaminmu” sbelum berantakn makin runyam dampak hingga kmatian kpekaan hati.

30. WIS GAK CEMBURU. jarene bojoku aku wis gak tau sms~an maneh lhek awan sedang podo kerjone ngene iki, padahal engkok mari ngene takpapak lho. soale kondisi aman aman aja tidak ada yg perlu dicemburui apalagi dikontrol, ah! wanita memang banyak memiliki ketakterdugaan, atau dia minta perhatian? atau. . .ah! mari ngene tak sms sing mesra ah!.

31. benarkah kali ini anda merasa tidak beruntung? ah! itu cuma dalam satu sisi tertentu saja, atau coba berjalanlah di lorong-lorong rumah sakit, atau sesekali lewatlah di tengah pemakaman umum kampungmu. Bukan juga keberuntungan anda tidak berada tergolek di salah satu sal atau tidak terkuburnya namamu diantara tetangga-tetanggamu yg duluan meninggal.
Keberuntungan terletak pada dimanapun anda ditempatkan baik di sal rumah sakit, atau terkuburnya diri bernisan namamu dengan tetap mengucap syukur, karena memang terlalu banyak kebaikanNYA yg sudah kita terima hingga detik ini.

32. MAU MENDENGAR, mbiarkn pasangn mceritakn pengalamn apapun, bahkan orang2 yg naksirnya/ttg bekas pacarnya.Tidak usah mnyela, mnilai apapun kecuali butuh pendapat. Cuma mau mdengar, tutup analisa pikirmu, karna mdengar tdk mmerlukan logika pikir, biarkan hati mbuka, maka kita akan mampu mnampung smua.

33. WIS GAK CEMBURU. jarene bojoku aku wis gak tau sms~an maneh lhek awan sedang podo kerjone ngene iki, padahal engkok mari ngene takpapak lho. soale kondisi aman aman aja tidak ada yg perlu dicemburui apalagi dikontrol, ah! wanita memang banyak memiliki ketakterdugaan, atau dia minta perhatian? atau. . .ah! mari ngene tak sms sing mesra ah!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s